Langsung ke konten utama

Selamat Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1433 H

Saya dan keluarga mengucapkan selamat tahun baru hijriah 1 muharam 1433 H. Semoga kita smua menjadi umat muslim yg sesungguhnya.
Aminn ya robbal alamin..

Tahun Baru Hijriyah mengingatkan semua memori kita pada lembar peristiwa sejarah bertinta emas akan perjalanan Rasulullah dan para sahabat dalam melalui pintu gerbang hijrah serta menggugah pendengaran, penglihatan, dan qolbu semua mukmin untuk mendengar, melihat, dan merasakan betapa seriusnya Ummat pada masa lalu dalam melepaskan-mencampakkan-membuang jauh-jauh daki-daki kegelapan jahiliyah. 
Hijrah Rasulullah dan para sahabat memiliki dua makna. Secara makani (fisik) artinya hijrah secara fisik, berpindah dari suatu tempat yang kurang baik menuju yang lebih baik, dari negeri kafir menuju negeri Islam. Adapun secara maknawi artinya berpindah dari nilai yang kurang baik menuju nilai yang lebih baik, dari kebatilan menuju kebenaran, dari kekufuran menuju keislaman; dari kegelapan tanpa cahaya petunjuk kepada cahaya tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Makna terakhir ini, oleh Ibnu Qayyim bahkan dinyatakan sebagai al-hijrah al-haqiqiyah (hijrah sejati). Alasannya, hijrah fisik adalah refleksi dari hijrah maknawi itu sendiri. Secara makani (fisik), faktanya Hijrah Rasulullah saw dan para sahabat berjalan dari Mekah ke Madinah menempuh padang pasir sejauh kurang lebih 450 km sedangkan secara maknawi jelas mereka hijrah demi terjaganya kesucian misi Islam.
Al-Qathani menyatakan bahwa hijrah sebagai urusan yang besar. Hijrah berhubungan erat dengan al-wala’ wal-bara’ (loyalitas dan berlepas diri). Bal hiya min ahammi takaalifahaa, bahkan ia termasuk manifestasi (muwalah) yang paling penting. Penting, karena menyangkut komitmen dan sikap seorang muslim dalam memberikan kesetiaan dan pembelaan pada Diennya. Juga menyangkut komitmen dan sikap seorang muslim dalam menampakkan penolakan dan permusuhan kepada yang patut dimusuhi.
Peristiwa Hijrah dijadikan penanda peralihan tahun dalam kalender Islam. Kali ke- seribu-empatratus-tigapuluhtiga umat Islam melewati masa yang terus berganti; detik, menit, hari, bulan, tahun ke tahun dengan berbagai kondisinya, menyadarkan bahwa pergantian masa merupakan alat ukur untuk mengevaluasi kemajuan diri kita. Karena memang kita diajarkan untuk itu, seperti tercermin dalam firman Allah SWT dalam QS. Al-‘Ashr : 1-3. Rasulullah SAW sendiri bersabda, “Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan baik amalannya, dan sejelek-jeleknya-jeleknya manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan jelek amalannya” (HR. Ahmad).
Secara syariat, siang dan malam itu terdiri dari 24 jam. Seberapa besar seorang mukmin muslim mampu mengggunakan waktu yang telah disediakan Allah tersebut? Jauh 1400an tahun lalu, para sahabat Nabi Muhammad SAW yang menjadi balatentara Islam ketika itu mampu menaklukkan dua imperium adidaya, Romawi  dan Persia, yang balatentaranya amat kuat dan perkasa. Resepnya ternyata tersimpul dari pengakuan penuh kekaguman dari seorang anggota dinas intelijen Romawi setelah melakukan kegiatan mata-mata di Madinah. Kepada Kaisar Romawi ia mengutarakan kesannya tentang watak kaum Muslimin, “Ruhbananun bil-laili, firsaanun bin-nahar! Bila malam mereka tak ubahnya seperti rahib, sedangkan di siang hari sungguh bagaikan singa!”. Siangnya habis-habisan memaksimalkan potensi untuk berkarya, bekerja dengan jiwa yang kuat demi menggapai Ridha Rabbul ‘Izzati, malamnya bersimpuh memohon ampunan serta bimbingan Sang Penggenggam Hidup & Kehidupan untuk merencanakan dan melewati hari esok yang lebih baik, menampakkan betapa kotor dan lemahnya setiap jiwa dan langkah tanpa PetunjukNya.
Para sahabat diberikan waktu 24 jam sehari, begitupun dengan kita! Jika diibaratkan dalam sebuah lomba balap sepeda, ketika pistol diletuskan tampaknya orang yang menjadi juara dalam balap sepeda tersebut adalah orang yang dalam detik yang sama bisa mengayuh sepedanya lebih cepat daripada yang dilakukan oleh orang lain, sehingga calon pemenang akan melesat melalui pembalap yang lain karena energi yang dipergunakan dan ketepatan gerakannya lebih baik daripada detik yang sama yang dilakukan lawan-lawannya. Artinya, keunggulan itu sangat dekat dengan orang yang paling smart dalam memanfaatkan waktunya.
Islam adalah Dien yang paling dominan mengingatkan kita kepada waktu. Allah berkali-kali bersumpah dalam Al-Quran berkaitan dengan waktu. “Wal’ashri” (demi masa/waktu), “Wadhdhuha” (demi waktu dhuha), “Wallaili” (demi waktu malam), “Wannahaari” (demi waktu siang), “demi waktu fajar dan malam sepuluh”… Allah pun mendisiplinkan kita agar ingat terhadap waktu minimal lima kali sehari semalam; maghrib, isya, subuh, dzuhur dan ashar. Belum lagi tahajjud pada sepertiga malam dan shalat dhuha ketika matahari sepenggalahan naik. Apakah 24 jam yang dititipkan sementara pada kita sudah kita gunakan sebagaimana mestinya semampu diri kita sesuai dengan prosedurNya? apakah 24 jam yang dititipkan sementara pada kita sudah kita isi dengan perbaikan-perbaikan sehingga semakin meningkatkan kualitas iman terus-menerus seiring berjalannya muharram ke muharram? Sejauh mana kita sudah berhijrah, menuju sedekat-dekatnya jalan yang haq, meninggalkan sejauh-jauhnya jalan yang bathil.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Grafik Di excel 2007

Grafik atau chart sangat membantu kita untuk mengetahui naik atau turunnya sesuatu yang mempunyai nilai. Buat teman-teman yang mungkin ada tugas dari sekolah atau ditempat kerja (kantor), ingin mengetahui cara membuat grafik diexcel 2007. Cara membuat grafiknya gak sulit kok, asalkan kita mengetahui langkah - langkah atau hal apa saja yang harus disiapkan untuk membuat grafik. yang pasti langkah pertama yang harus kita lakukan tentu saja kita persiapkan datanya terlebih dahulu. gak ada data gak mungkin ada grafik..heee!!. Disini ane mo buat grafik data yang menunjukan variabel x dan y dari penjualan distro, dimana 'x' adalah bulan dan 'Y' adalah total barang yang keluar per item, biar nantinya ketahuan barang yang banyak dibeli (keluar) dan yang tidak. Ambil saja sebagai contoh data dari penjualan "Pintu Distro Rebel Tangerang". Datanya adalah sebagai berikut: Kemudian dari data tersebut kita blok data nya kemudian pilih menu inse

Cara Meningkatkan Kecepatan Browsing Menggunakan Mozilla Firefox

Siapa yang nggak kenal dengan browser yang satu ini, pasti semuanya sudah tahu dan banyak para netter yang menggunakan browser ini, ya... !! apalagi kalo bukan Mozilla Firefox. Disini Ane mo kasih tau mengenai mempercepat atau meningkatkan kecepatan saat kita browsing menggunakan mozilla firefox. Oktree!!....langsung aja gan niehh caranya: 1. Buka Mozilla. 2. Ketikan di addres bar “about:config” (tanpa tanda patik). 3. Scroll mouse anda kebawah dan cari “network.http.max-connections“, double klik dan masukan nilai “64“. 4. Cari “network.http.max-connections-per-server“, double klik dan masukan nilai “21“ 5. Cari ‘network.http.max-persistent-connections-per-server“, double klik dan masukan nilai “8“. 6. Doube klik pada “network.http.pipelining ” menjadi “true“. 7. Cari “network.http.pipelining.maxrequests“, double klik dan masukan nilai “100“. 8. Double klik pada “network.http.proxy.pipelining” menjadi “true“. 9. Langkah terakhir, klik kanan dimana saja pilih New >> int

Lirik Lagu+Cord, By: Seventeen

Jaga Selalu Hatimu Bm          E            C#m Kau jaga selalu hatimu        F#m       Bm           E           A Saat jauh dariku tunggu aku kembali A                   D                A               D Mencintaimu aku tenang, memilikimu aku ada     Bm                                    E                Di setiap engkau membuka mata   A                         D  Merindukanmu selalu ku rasakan      A                      D  Selalu memelukmu penuh cinta    Bm                             E Itu yang selalu aku inginkan D        C#m   Bm            A Kau mampu membuatku tersenyum         D   C#m       Bm               E           A Dan kau bisa membuat nafasku lebih berarti           reff: Bm          E            A Kau jaga selalu hatimu        F7         Bm           E           A Saat jauh dariku tunggu aku kembali Bm          E            A Ku mencintaimu selalu           F7               Bm           E             A Menyayangimu sampai akhir menutup mata D