Langsung ke konten utama

Memperbaiki Komputer Rusak, Sering Restart atau Komputer Hang

Hal yang sering membuat kesal jika kita sedang menggunakan komputer adalah jika tiba-tiba komputer yang kita gunakan HANG atau tiba - tiba me-restart sendiri, betapa jengkel nya jika hal tersebut sering terjadi, apalagi jika kita sedang mengerjakan tugas - tugas yang diburu waktu (deadline) baik kerjaan kantor atau pun  untuk kuliah. Kalo gak buru - buru diatasi malah tambah ruwet tuh gan. Disini akan dijelaskan mengenai hal-hal yang membuat komputer kita suka ngeHANG dan cara mengatasinya, silahkan langsung lihat saja di bawah ini.
1. Komputer sering restart karena Processornya panas /kepanasan
Processor yang kepanasan adalah salah satu penyebab utama komputer anda menjadi hang atau sering restart sendiri. Untuk mengecek terjadinya overheat pada Processor dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:
•    melihat kondisi temperatur pada menu hardware monitor di BIOS
•    menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
•    dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.
Penyebab utama dari Processor yang kepanasan ini juga terdapat beberapa hal diantaranya:
•    Kondisi kipas angin (fan) pendingin Processor yang sudah tidak optimal (misalnya macet karena debu)
•    Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat peyimpanan komputer berdebu.
•    Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya paste yang merekatkan Processor dan Pendinginnya.- Kipas angin (fan) yang terdapat pada power supply yang mati atau tidak berputar.
•    Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.
Untuk mengatasi komputer sering restart karena Procesor kepanasan (overheat) ini kita bisa melakukan beberapa hal diantaranya:
•    Senantiasa membersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor.
•    Menggunakan paste sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dan Pendingin.
•    Menyimpan komputer diruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC)
Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor untuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor.
2. Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya
Penyebab yang kedua komputer sering restart adalah kurangnya daya atau sudah tidak optimalnya bagian Power Supply yang mensupply daya pada CPU. Apabila anda merasa curiga dengan perporma Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Untuk keperluan komputer sekarang, sebaiknya pakailah sebuah Power Supply dengan daya minimal 500 Watt.
3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak
Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.
4. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector
Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul bluescreen of deadth atau komputer ga bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah dan mengatasinya kita bisa menjalankan program scandisk dan defragmenter hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown.

Komentar

  1. pasta processor sudah kering bahkan saya pernah membersihkannya dan saya tidak pakai lagi itu berpengaruh juga ya??

    BalasHapus
  2. y biasanya bisa berpengaruh karena tidak merekatnya kipas dengan prosesor

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Tambahkan Komentar Anda

Postingan populer dari blog ini

Membuat Grafik Di excel 2007

Grafik atau chart sangat membantu kita untuk mengetahui naik atau turunnya sesuatu yang mempunyai nilai. Buat teman-teman yang mungkin ada tugas dari sekolah atau ditempat kerja (kantor), ingin mengetahui cara membuat grafik diexcel 2007. Cara membuat grafiknya gak sulit kok, asalkan kita mengetahui langkah - langkah atau hal apa saja yang harus disiapkan untuk membuat grafik. yang pasti langkah pertama yang harus kita lakukan tentu saja kita persiapkan datanya terlebih dahulu. gak ada data gak mungkin ada grafik..heee!!. Disini ane mo buat grafik data yang menunjukan variabel x dan y dari penjualan distro, dimana 'x' adalah bulan dan 'Y' adalah total barang yang keluar per item, biar nantinya ketahuan barang yang banyak dibeli (keluar) dan yang tidak. Ambil saja sebagai contoh data dari penjualan "Pintu Distro Rebel Tangerang". Datanya adalah sebagai berikut: Kemudian dari data tersebut kita blok data nya kemudian pilih menu inse

Cara Meningkatkan Kecepatan Browsing Menggunakan Mozilla Firefox

Siapa yang nggak kenal dengan browser yang satu ini, pasti semuanya sudah tahu dan banyak para netter yang menggunakan browser ini, ya... !! apalagi kalo bukan Mozilla Firefox. Disini Ane mo kasih tau mengenai mempercepat atau meningkatkan kecepatan saat kita browsing menggunakan mozilla firefox. Oktree!!....langsung aja gan niehh caranya: 1. Buka Mozilla. 2. Ketikan di addres bar “about:config” (tanpa tanda patik). 3. Scroll mouse anda kebawah dan cari “network.http.max-connections“, double klik dan masukan nilai “64“. 4. Cari “network.http.max-connections-per-server“, double klik dan masukan nilai “21“ 5. Cari ‘network.http.max-persistent-connections-per-server“, double klik dan masukan nilai “8“. 6. Doube klik pada “network.http.pipelining ” menjadi “true“. 7. Cari “network.http.pipelining.maxrequests“, double klik dan masukan nilai “100“. 8. Double klik pada “network.http.proxy.pipelining” menjadi “true“. 9. Langkah terakhir, klik kanan dimana saja pilih New >> int

Lirik Lagu+Cord, By: Seventeen

Jaga Selalu Hatimu Bm          E            C#m Kau jaga selalu hatimu        F#m       Bm           E           A Saat jauh dariku tunggu aku kembali A                   D                A               D Mencintaimu aku tenang, memilikimu aku ada     Bm                                    E                Di setiap engkau membuka mata   A                         D  Merindukanmu selalu ku rasakan      A                      D  Selalu memelukmu penuh cinta    Bm                             E Itu yang selalu aku inginkan D        C#m   Bm            A Kau mampu membuatku tersenyum         D   C#m       Bm               E           A Dan kau bisa membuat nafasku lebih berarti           reff: Bm          E            A Kau jaga selalu hatimu        F7         Bm           E           A Saat jauh dariku tunggu aku kembali Bm          E            A Ku mencintaimu selalu           F7               Bm           E             A Menyayangimu sampai akhir menutup mata D